Semarang, ners.fk.undip.ac.id – Sebanyak 52 mahasiswa dari Prodi Magister Keperawatan, Departemen Ilmu Keperawatan FK Undip akan mengikuti kegiatan International Immersion Program in Education pada 14-23 Agustus 2019 di St. Paul University Filipina.

Mahasiswa secara resmi dilepas oleh Ketua Prodi Magister Keperawatan, Dr. Meidiana Dwidiyanti, MSc, dan Ketua Departemen Ilmu Keperawatan, Dr. Untung Sujianto, M.Kes pada Selasa pagi tanggal 13 Augustus 2019 di lobby kampus Departemen Ilmu Keperawatan FK Undip. Turut hadir pula Sekretaris Prodi Magister, Megah Andriany, M.Kep.,Sp.Kom, Ph.D, perwakilan pengelola prodi dan dosen di lingkungan Departemen Ilmu Keperawatan serta dosen pendamping kegiatan Ns. Muhamad Rofi’i, M.Kep dan Chandra Bagus Ropyanto, M.Kep.,Sp.Kep.MB

International immersion program in education merupakan bentuk pelaksanaan program kerjasama antara Departemen Ilmu Keperawatan FK Undip dengan School of Nursing and Allied Health Sciences, St. Paul University Filipina. Kerjasama tersebut telah dimulai pada tahun 2017 lalu.

Program ini merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai keperawatan seperti  area praktik dan penelitian secara internasional, kajian lintas budaya (komunikasi, budaya, dan Bahasa) dan pengembangan aspek sosial dan emosional berupa sensitivitas budaya, adaptasi, dan kompetensi global.

International immersion program in education  pertama kali dilakukan pada 12-28 August 2017 dengan melibatkan 21 mahasiswa dan 1 pembimbing. Tahun ini, peminat program bertambah menjadi 52 mahasiswa dengan 2 pembimbing. Peserta mahasiswa tersebut berasal dari berbagai konsentrasi yakni kepemimpinan dan manajemen keperawatan, keperawatan dewasa, keperawatan maternitas, keperawatan komunitas, dan keperawatan jiwa.

Pada tahun sebelumnya, para mahasiswa dari program doktor keperawatan St. Paul University juga mengikuti kegiatan yang sama di Undip dengan koordinator kegiatan ibu Suhartini, MNS., Ph.D. [Nr]