Semarang – Departemen Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro sukses menggelar Workshop Visi, Misi, dan Kurikulum Spesialis Keperawatan Medikal Bedah dan Keperawatan Komunitas pada 26 September 2018 kemarin.

Workshop ini merupakan rangkaian dari persiapan Departemen Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro untuk membuka Program Studi Spesialis Keperawatan Medikal Bedah dan Keperawatan Komunitas. Kegiatan lain yang telah dilakukan sebelumnya adalah survei kebutuhan akan SDM Spesialis Keperawatan di lahan praktek klinik melalui jajak pendapat dengan stake holder rumah sakit dan puskesmas jejaring UNDIP di Jawa Tengah. Hasilnya menunjukan bahwa kedua program spesialis ini merupakan kebutuhan terbesar khususnya di Jawa Tengah sehingga dibutuhkan upaya untuk mempercepat pembukaan program spesialis di Undip.

Workshop ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan I FK Undip, Dr. dr. Dwi Pudjonarko, Sp.S (K). selain itu juga ada sambutan dan pengarahan dari Senat Akademik UNDIP yang diwakili oleh Sekretaris Senat, Prof. Dra. Indah Susilowati, M.Sc., Ph.D.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan presentasi draft visi, misi, profil lulusan, dan kurikulum Program Studi Spesialis Keperawatan Medikal Bedah dan Keperawatan Komunitas oleh Ketua Departemen Ilmu Keperawatan FK UNDIP yaitu Dr. Untung Sujianto, S.Kp., M.Kes.

Selain pemaparan visi, misi dan kurikulum spesialis, kegiatan ini juga melibatkan sejumlah pembicara yakni Ketua LP2MP UNDIP (yang diwakili oleh Dr. Ir. Setia Budi Sasongko, DEA), Ketua AIPNI (yang diwakili oleh Agus Setiawan, S.Kp., MN., Ph.D), Kepala Dinkes Propinsi Jawa Tengah.

Pembicara lain yang juga turut hadir adalah dari Ketua Kolegium Keperawatan Medikal Bedah yang diwakili Masfuri, S.Kp., M.N dan Ketua Kolegium Keperawatan Komunitas yang diwakili Ns. Henny Permatasari, S.Kp., M.Kep., Sp.Kom.

Selain itu, sejumlah stake holder dari berbagai instansi juga turut hadir memberikan asupan yakni dari DPW PPNI Jawa Tengah, PPNI Kota Semarang, Direktur RSUP dr Kariadi Semarang, Direktur RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Kota Semarang, Direktur RSUD Tugurejo Semarang, Direktur RSND, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Kepala Puskesmas di Kota Semarang, Ketua Himpunan Perawat KMB (HIPMEBI, INKAVIN, IPDI, HIMPONI, HIPKABI, HIERCCI, HIPGABI) dan Perawat Komunitas (IPKKI dan PERKESJA) area Jawa Tengah, Ketua Alumni Magister Keperawatan UNDIP, Mahasiswa Magister Keperwatan Dewasa dan Keperawatan Komunitas, dan staf dosen calon pengajar di Program Studi Spesialis Keperawatan Medikal Bedah dan Keperawatan Komunitas, Departemen Ilmu Keperawatan, FK UNDIP.

Secara keseluruhan, penyelenggaraan acara berjalan dengan lancar dan sukses dilihat dari jumlah dan antuasiasme para peserta selama mengikuti acara. Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi bekal terwujudnya program studi Spesialis KMB dan Keperawatan Komunitas yang mempunyai kompetensi unggul sesuai dengan kebutuhan stake holder. [HK/AN].