Semarang, ners.fk.undip.ac.id – Sebagai upaya peningkatan peran dan fungsi sebagai institusi pendidikan keperawatan, Departemen Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Undip mengembangkan kerjasama dengan Lembaga Pemasyarakataan Klas I Semarang dan Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Brebes.

Penandatanganan perjanjian kerjasama dilaksanakan pada 23 Juli 2019 di Kampus Departemen Ilmu Keperawatan FK Undip, Tembalang, dan dihadiri oleh Kepala Lapas Klas I Semarang (Dadi Mulyadi, Bc.IP, S.H., M.H.), Kepala Lapas Klas IIB Brebes (Maliki, S.H., M.H.), dan Ketua Departemen Ilmu Keperawatan FK Undip (Dr. Untung Sujianto, S.Kp., M.Kes.), beserta jajarannya.

Kerjasama antara keperawatan Undip dan Lapas ini diprakarsai oleh Megah Andriany, S.Kp., M.Kep., Sp.Kom., Ph.D. yang ingin mengembangkan correctional nursing yang belum banyak diberikan perhatian di Indonesia. Inti pokok kerjasama ini berupa kegiatan pengelolaan asuhan keperawatan kepada warga Binaan, tahanan dan keluarganya dalam bentuk pengkajian keperawatan, konseling, kelompok dukungan sebaya, dan penyuluhan kesehatan.

Kegiatan akan diintegrasikan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi diantaranya praktik mahasiswa, penelitian dosen dan mahasiswa, serta pengabdian kepada masyarakatan dosen di lingkungan Departemen Ilmu Keperawatan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan warga binaan pemasyarakatan. [Megah/Nur]