Ada pemandangan baru yang dijumpai saat berada di kampus Universitas Diponegoro,yakni jembatan Sikatak. Jembatan ini dibangun untuk menghubungkan jalan Prof. Soedharto dan jalan lingkar yang terputus oleh sungai krengseng. Tujuan dibangunnya jembatan ini adalah untuk mengakomodasi pergerakan arus lalu lintas dari jalan lingkar Undip menuju jalan Prof. Soedharto tanpa harus memutar arah atau memasuki kampus Undip.

Nama Sikatak didapat dari masyarakat sekitar yang menyebut *sikethok (terpotong) yakni jalan yang terpotong oleh kali atau sungai krengseng. Kini jalan itu tak lagi terpotong. Telah dibangun jembatan Sikatak yang memudahkan akses masyarakat sekitar. Masyarakat yang tinggal di Jurangbelimbing, Permata hijau,Sekip dan sekitarnya cukup lewat jalan lingkar tanpa harus memutar atau melewati pintu gerbang kampus. Akses menuju Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) kini menjadi lebih cepat dan lancar.

Bentuk jembatan yang artistik,menjadi spot baru untuk berfoto ( *instagramable). Jembatan Sikatak bukan hanya ikon baru kampus Undip,tetapi fungsi jembatan ini sangat membantu memperlancar akses lalu lintas masyarakat sekitar kampus.

Jembatan Sikatak UNDIP sumber: instagram undip.official

Sumber: undip.ac.id