Semarang, ners.fk.undip.ac.id – Relawan sedekah rombongan merupakan salah satu relawan yang bergerak dalam bidang kemanusiaan dan siap membantu di bidang bencana, pasien kanker yang sedang dalam pengobatan dan butuh bantuan baik transportasi dan rumah singgah, serta di bidang sosial yang lainnya.

Saat tim sedekah rombongan dengan ambulancenya mengantarkan pasien yang kondisinya buruk, bisa saja tiba-tiba pasien henti jantung. Atau jika para relawan saat menolong bencana atau korban kecelakaan, terkadang juga dihadapkan pada kondisi korban yang buruk.

Kondisi korban yang buruk tersebut menuntut para relawan untuk mengetahui terkait bantuan hidup dasar (BHD) supaya dapat membantu memberikan pertolongan pertama sebelum sampai kepelayanan atau tim medis. Berdasarkan American Heart Association (AHA) bahwa orang awam juga harus bisa menguasai teknik BHD. Hal tersebut bertujuan supaya orang awam yang menjadi menemukan korban pertama kali mampu memberikan pertolongan pertama kepada korban supaya mencegah pada kematian. Selain BHD, teknik transportasi juga menjadi hal yang penting yang harus dipahami oleh para relawan.

Pemindahan korban dan transportasi harus memperhatikan beberapa prinsip dasar supaya tidak menimbulkan cedera tambahan bagi korban dan bagi penolong. Saat penanganan pasien korbanpun mereka juga harus bisa dituntut untuk memahami pertolongan pertama yang harus bisa diberikan segera seperti halnya ketika ada dari korban yang mengalami gigitan ular ataupun korban dengan perdarahan dan patah tulang. Golden period waktu penanganan sangat menetukan keberhasilan sehingga para relawan harus mengetahui teknik yang tepat dalam memberikan pertolongan.

Oleh karena itu Tim Pengabdian masyarakat divisi keperawatan Dewasa FK UNDIP bermaksud memberikan pelatihan pertolongan pertama kepada korban berupa pelatihan Bantuan Hidup Dasar, pelatihan penanganan keracunan dan gigitan ular serta pelatihan balut dan pembidaian kepada Relawan Sedekah Rombongan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada hari Minggu, 9 Februari 2020 di Ruang holistik Keperawatan FK UNDIP dengan dibantu tim mahasiswa dari sosial volunter yaitu Fadil Bumantara, Taufik Pradipta, dan Yoga. Metode yang digunakan berupa ceramah tanya jawab disertai dengan demonstrasi dan praktik peserta dengan didampingi fasilitator mahasiswa dan tim dosen. Kegiatan ini dihadiri oleh 42 peserta dari tim relawan sedekah rombongan dan tim dosen serta mahasiswa. Kegiatan ini dapat berjalan lancar karena adanya kerjasama dan komunikasi yang baik antara Departemen Ilmu Keperawatan dengan Relawan Sedekah Rombongan Jawa Tengah (Dody, Diyah)