Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang di programkan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK UNDIP) dilakukan dengan menjalin berbagai kerjasama dengan berbagai pihak. Salah satu upaya pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan menjalin kerjasama dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Kedungpane Semarang. Dalam hal ini lapas Kelas I Kedung pane baru saja meresmikan program Posyandu Lansia bagi para penghuni Lapas khususnya bagi para lanjut usia pada Januari 2019.

Salah satu program posyandu lansia yang dilaksanakan adalah pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara rutin pada penghuni lapas lanjut usia, peningkatan kebugaran jasmani bagi para penghuni lapas dan pemberian makanan tambahan. Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 32 tahun 1999 pasal 7 bahwa “Setiap narapidana dan anak didik pemasyarakatan berhak mendapat perawatan jasmani berupa: Memberi kesempatan melakukan olahraga dan rekreasi, Pemberian perlengkapan pakaian; dan Pemberian perlengkapan tidur dan mandi.

Program Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah-satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Program ini dapat berupa program kemitraan atau kewilayahan. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan di Lapas ini merupakan salah satu bentuk program kemitraan, dimana kedua pihak saling membutuhkan bukan hanya untuk kegiatan tridarma pengabdian, namun juga untuk kegiatan penelitian.

Hasil dari kegiatan pengabdian kepada para penghuni Lapas berjalan dengan baik, dimana sekitar 27 orang penghuni lapas dan beberapa petugas lapas ikut serta dalam penyuluhan kesehatan tentang pentingnya kebugaran jasmani pada lansia dan pendampingan pada pelaksanaan senam lansia.

Jumat, 1 Februari 2019
Lapas Kelas I Kedungpane Semarang
Jl. Raya Semarang-Boja KM.4, Wates, Ngaliyan, Kota Semarang,  Jawa Tengah 50188

Kegiatan tersebut diikuti oleh warga Lapas Kelas I Kedungpane Semarang sejumlah 27 orang
Dilengkapi dengan tenaga medis yang terdiri 3 Dokter dan 4 perawat.